Kris Wu; “Lebih banyak anak muda yang ingin terjun ke musik hip hop adalah suatu hal yang bagus.”

Pada tanggal 2 Mei, di konferensi pers untuk pembukaan ajang pencarian bakat Chinese Hip-Hop ‘The Rap of China’ yang diselenggarakan di Beijing. Dihadiri oleh tiga grup selebriti produser, Kris Wu, Chang Chenyue & MC HotDog dan Wilber Pan. Setelah konferensi pers, produser Kris Wu menerima wawancara dari reporter iFeng.

Selama wawancara, Kris Wu berbagi pandangan dan pemahamnya yang unik mengenai musik hip hop. Kris Wu menyatakan, meski ia merupakan yang paling junior diantara ketiga grup produser, pemahamannya mengenai musik merupakan poin yang paling mencolok.

Bagaimana kamu mendefinisikan hip-hop?

Yang pertama, pengertian hip-hop sendiri luas, sangat luas, karena hip-hop tidak hanya melulu musik, hip-hop adalah kebudayaan, seperti halnya olahraga. Hip-hop terdiri dari berbagai elemen yang yang berbeda. Kurasa ini tergantung pemahaman setiap individu. Aku merasa jika salah satu poin utama hip-hop adalah keinginan untuk mengekspresikan sikap tertentu. Yang berikutnya adalah metode pengekspresian, banyak orang mengekspresikan melalalui rap namun sebenarnya ada banyak metode yang berbeda. Contohnya sub-sub genre musik yang juga masih termasuk dalam lingkaran hip-hop. Contohnya sekarang, yang menjadi tren adalah EDM yang berbasis hip-hop dan ada lebih banyak orang lagi yang menyukai trap hip-hop. Semuanya ini berbeda genre muskc, jadi sedikit sulit untuk mendefinisikan hip-hop.

Seperti yang baru saya kamu sebutkan, belakangan ini semakin banyak orang yang mendengarkan musik trap dan lebih sedikit yang mendengarkan music 90-an ataupun lawas. Bagaimana menurutmu mengenai hal ini?

Aku rasa hal ini tidak terhindarkan namun yang ingin kukatakan adalah tren musik trap juga akan berakhir suatu hari nanti. Ini adalah sesuatu yang paling ingin kukatakan pada kontestan karena aku percaya bahwa berdasarkan pengalamanku dan melihat tren hip-hop di china sekarang ini, ada banyak kontestan, mungkin 70%, 80% mempunyai pemahaman yang lebih baik mengenai musik trap dan lebih memilih musik trap juga, yang tentu saja ini tidak terhindarkan karena musik inilah yang sedang menjadi tren terpanas. Tapi juga ini merupakan masalah, jika kau melakukan sesuatu yang sedang tren, ketika tren-nya berakhir, hal yang sama juga akan terjadi padamu. Jadi kau harus tahu dimana akar dari passion-mu. Aku tidak bilang kau harus menyukai musik lawas, tapi kau harus mendengarnya. Seperti yang kubilang, di tahun 90-an musik boombab sangat populer, jadi kau harus mengerti era kejayaan hip-hop sebagai salah satu genre musik juga. Dan tidak hanya itu tapi juga mengerti berbagai tipe genre music yang berbeda , misalnya mengenai jazz hip-hop. Itu akan sangat menguntungkan untuk pengembanganmu sendiri. Begitulah sebagian pandanganku.

Saat ini rapper Asia banyak yang bermunculan seperti [Rich] Chigga yang masuk level internasional. Apa kamu punya harapan tersendiri terhadap perkembangan hip-hop di Asia?  

Aku merasa ini adalah hal yang bagus, untuk setiap orang mulai menyukai musik hip-hop, menurutku cool. Ada banyak anak muda yang ingin masuk ke industri ini, meski hip-hop memiliki sedikit penggemar karena memang tidak banyak kesempatan yang tersedia. Contohnya, program acara seperti ini belum ada di China sebelumnya. Ini menjadi program acara pertama dan ini juga kenapa aku merasa jika program ini lebih berarti. Aku berharap aku bisa berpartisipasi karena menurutku ini bisa menjadi platform yang bagus untuk mencapai lebih banyak penggemar yang menyukai musik. Pun begitu, budaya ini memang memiliki penggemar yang sedikit dan di China pasti ada banyak dan lebih banyak lagi orang yang mendengarkan ballad daripada hip-hop, jadi untuk membuat hip-hop lebih mainstream lagi, sudah pasti kita perlu lebih banyak orang.

Jadi, kontestan seperti apa yang paling kamu harapkan di ‘The Rap of China’?

Aku berharap bertemu kontestan yang lebih menguasai semuanya, karena seperti yang kubilang, ada banyak orang yang merasa bahwa hip-hop tidak lebih dari sekedar rap, namun sebenarnya bukan seperti itu, ada banyak cara untuk mengekspresikan diri. Meski sekarang ada banyak melodi yang dibuat berdasarkan genre hip-hop, rap bernada dimana sebuah lagu yang terdengar seperti kita sedang bernyanyi yang sebenarnya (bukan rap), mereka-mereka ini sebenarnya adalah sub-genre dari hip-hop. Ada banyak dan lebih banyak (lagu-lagu seperti itu yang telah diproduksi), contoh yang merepresentasikan genre ini adalah Drake. Banyak yang bertanya-tanya apakah ia adalah seorang rapper atau penyanyi. Jadi ketika aku menyeleksi kontestan, aku berharap melihat basis teknik menyanyinya dan elemen yang lain dan apakah mereka bisa membawakan nada dengan baik, bagaimana menyanyikan reff nya dan bagaimana rap-nya juga. Ada banyak kontestan yang kuharapkan punya kemampuan yang beragam.

Saat ini Kendrick Lamer sangatlah populer dan MV lagu barunya Be Humble bukanlah sesuatu yang musisi lain pernah mencobanya. Bagimana menurutmu?

Aku merasa jika ia luar biasa berbakat. Apapun yang dilakukannya selalu menjadi tren. aku merasa jika mereka yang menyukai hip-hop bisa mencoba untuk mendengarkan musiknya, karena itu akan sangat membantu.

Umumnya, rapper yang menyukai musik hip-hop akan melakukan freestyle atau battle, jadi, apa kamu biasanya melakukan hal itu di waktu senggangmu?

Kadang aku akan melakukannya, tergantung, jika aku punya lawan aku akan mencoba

Dari yang kami lihat dari weibo, kamu sangat menyukai basket. Kamu biasanya bermain di posisi apa?

Dulu aku bermain di posisi point guard namun sekarang aku lebih sering di center forward.

Di NBA Celebrity Game, kau bilang jika kau mengidolakan Kobe Bryant. Sekarang adalah peringatan pertama setahun setelah ia pension, apa yang kau rasakan mengeenai hal itu?

Setelah ia pensiun, aku lebih jarang mengikuti berita NBA.

Apa kamu seorang fans yang loyal padanya?

Iya, aku merasa jika aku kehilangan sesuatu yang berharga untuk ditonton. Jadi sekarang aku tidak benar-benar menonton final dan aku masih sedikit merasa sedih.

Chinese-English by Becca

English-Bahasa by Tara Lee

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s