Kris Wu; Bukan Orang Biasa

Tulisan oleh: Amy_信伏倩 (Huayi Brothers Public Relations Supervisor)

Sebenarnya saya ingin menulis ini sejak promosi Mr. Six, tapi saya belum bisa memulai saat itu. Karena ia telah memenangkan penghargaan, biarkan saya memberinya ucapan selamat.

Kris Wu: Bukan Orang Biasa

Hanya ada satu alasan saya menulis ini; untuk menunjukkan salah satu sisi dirinya yang sebenarnya.

Saya mengenal Kris Wu sejak ia kembali ke Cina hingga sekarang. Saya mengerti perubahannya sejak itu, dari ‘idola populer’ hingga jadi artis dengan karya, endorse merk internasional, dan bekerja dengan sutradara ternama memainkan berbagai peran, hingga akhirnya diakui oleh statistik GMIC hari ini. …Untuk lainnya, ia adalah seorang penyanyi, aktor yang bermain di berbagai film dan iklan, berjalan di runway, bermain di NBA, punya projek amal sendiri, dan dalam waktu 2-3 tahun, beragam keberhasilannya tak ada henti. Tapi saya rasa, di dalam, ia masih seorang anak kecil. Ia suka mengamati semua di weibo, dan seperti seorang teman, ia melihat perkembangan orang-orang yang mengikutinya dan ora-orang yang mereka ikuti, membaca berita, dan saat ia menemukan hal lucu, gelak tawanya keluar sambil memegang handphone-nya di mobilnya yang memutar musik kencang. Ia mendengarkan lagu-lagu kesukaannya. Saat ia melihat makanan enak atau jajanan, ekspresinya berubah memelas bahwa ia mau makan (dan selalu dihentikan oleh staff-nya agar ia tidak terlalu cepat gemuk, haha) dan saat ia melihat para sutradara yang ia idolakan, ia akan tersipu malu.

Dia menghadapi berbagai komentar pedas di internet; ada yang bilang dia gemuk, menjalani operasi plastik, dan mengumbar gosip tanpa dasar yang jelas. Ia menghadapinya dalam diam, ia memendamnya sendiri, dan dengan lugas dan tegas melarang timnya untuk memberi pernyataan terhadap apapun komentar yang ada, agar tidak terjadi keributan. Ia tidak mau menjelaskan. Tiap hari banyak akun mengepos konten yang merusak citranya hanya untuk mendapat perhatian, tapi tidak terlalu mempedulikannya, berjalan pergi. Siapa yang terpengaruh hanya karena hal semacam itu? Ia lebih mempedulikan teman-teman, keluarga, dan para penggemar yang mencintainya. Ia khawatir mereka lah yang nanti terluka, karena seperti itulah industri entertainment. Semua yang terjadi bisa dibesar-besarkan, karena dirinya adalah public figure. Sehingga Kris Wu meminta timnya agar tidak memntingkan hal seperti itu, karena ia bilang bahwa orang-orang yang mencintainya akan memilih untuk tetap mencintainya apapun yang terjadi, tidak peduli seperti apa seorang Kris Wu itu, dan ia mengharuskan dirinya membalas mereka yang mencintainya dengan karya yang berkualitas. Jadi ia terus bekerja keras, mencoba semua peran yang ia rasa cocok untuknya, membuat musik, dan terus melangkah menjadi orang yang luar biasa.

Dari waktu ia kembali ke Cina hingga sekarang, perkembangannya bisa terlihat, dari <Somewhere Only We know> dan <Mr. Six> saat ia baru kembali, hingga <Sweet Sixteen>, <Never Gone>, dan <L.O.R.D>… semua ini dilihat oleh orang-orang di industri. Semua menuntunnya untuk mendapat peran di 2 film internasional; (xXx 3: The Return of Xander Cage> dan film terbaru Luc Besson. Genre yang berbeda, tipe karakter yang berbeda, ia memberikan segalanya dalam mengembangkan dan menyelesaikan perannya. Orang bilang ia berada di puncak karirnya, tapi saya rasa ia bisa menjadi lebih baik lagi. Kris adalah ‘aktor’ yang mengerti cara menelaah diri dan mengevaluasi diri. Setelah bermain di beragam film, ia menyadari bahwa ia masih punya banyak kekurangan, lalu ia bekerja lebih giat. Ia bilang, “Satu-satunya caraku untuk membalas kebaikan mereka adalah mempersembahkan peran yang lebih dewasa, lebih berkualitas. Aku harap suatu saat para penggemarku bisa dengan bangga berkata “Aku penggemar Kris Wu.”, dan aku tidak mau mengecewakan para seniorku setelah tuntunan yang mereka berikan, dan juga semua yang menyukaiku.”. Sekarang, ia yang biasa () sedang filming 2 film besar internasional, sebuah pencapaian terbaiknya.

Makin saya tahu dirinya, makin saya sadar bahwa ia berbeda dari yang lain di industri entertainment ini, di mana semua berubah dengan cepat. Ia tidak mudah kehilangan jati dirinya di kelam popularitas superfisial, dan ia tidak mencoba meraih popularitas tinggi. Ia bahkan tidak menata ‘promosi’, ‘public relations’. Ia selalu bilang bahwa situasi seperti itu, itulah fakta yang terjadi. Para penggemar sering khawatir tentang “Fan” ini, mereka khawatir ia akan terluka, sehingga mereka membentuk kelompok-kelompok untuk memonitor situasi, memberitahu tim Kris perhatian dan kekhawatiran mereka pada Kris. Syarat untuk timnya adalah untuk terus mencari projek yang berkualitas, dan yang ia terus lakukan adalah belajar, menambah wawasan, dan mengasah kemampuan di bidang-bidang yang ia sukai. Seperti yang ia bilang, “Ini karirku, dan juga hidupku.”

Kali ini ia mendapat perhargaan oleh Global Mobile Internet Conference (GMIC) 2016 sebagai Aktor yang Paling Diminati di Cina, dan tertulis bahwa tidak ada statistik internet yang memiliki magnitud lebih besar daripada miliknya. Saya hanya bisa mengerti statistik BAT, haha. Saya juga dengar bahwa statistiknya sangat jauh lebih besar dibanding orang yang di peringkat ke-2, sehingga nominasi tidak dibacakan. Meski saya tidak mengerti magnitud dari statistik ini, tapi saya tahu itu adalah sebuah pernyataan bahwa apa yang ia lakukan di industri selama 2 tahun mendapat persetujuan. Dengan kerendahan hatinya ia berkata, “Di acara apapun, aku selalu bisa melihat para penggemar menata dukungannya untukku. Aku hanya orang biasa, apa yang telah kulakukan untuk mendapat cinta dari banyak orang? Aku tidak tahu bagaimana cara untuk bisa mengucapkan terima kasih yang teramat besar ini. Satu-satunya cara yang bisa kulakukan adalah memastikan kemampuanku sesuai dengan yang mereka harapkan.” “Terima kasih untuk semua yang telah mendukungku selama ini. Di masa depan, biarkan aku mendukung kalian juga.”

Saya tahu kata-kata yang ia katakan tahun itu tidak hanya ucapan terima kasih, tapi juga kata-kata yang terisi oleh janji Kris.

source

chi-eng trans:wu_yi_fan

eng-bahasa trans: Syarrah

Leave a Reply

