Kris Wu Wawancara untuk Majalah Cosmopolitan Edisi Januari 2016

2016 JC

See Also

Kris Wu Interview in Cosmopolitan Magazine 2016 January Issue

Wu Yifan Gallery for Cosmopolitan 2016, January Issue

Kris Wu melakukan pemotretan untuk Cosmopolitan belum lama setelah teror di Paris. Topik ini membuat seluruh dunia terkejut dan bersedih. Sangat sulit untuk hidup dalam kebersamaan di dudia ini, baik itu di produksi baju atau di dunia seni; sangat sulit untuk tidak hidup di masa sekarang, tidak melakukan apa-apa untuk berkontribusi di lingkungan sekitar dan akan sulit untuk hidup dalam waktu yang lama. Kris Wu tahu benar mengenai prinsip ini. Namun paa saat yang bersamaan bahwa ada beberapa orang yang hidup dengan ‘ketidakberdayaan’. “Bagaimanapun juga,dunia ini tidak dapat diubah hanya dengan satu orang sendirian, sejujurnya, banyak orang berpikir untuk mengubah dunia namun itu tidaklah realistis. Perubahan memerlukan kerjasama dari semuanya.”

Ketika berbicara, ia bermain-main dengan make-up di meja, memindahkan mereka ke sana-kemari satu persatu, alisnya sedikit berkerut.

Ia berharap penampilannya bisa membuat perubahan. “(Aku ingin) membawa kebahagiaan dan energi positif untuk semuanya. Setiap kali aku melakukan sesuatu, tak peduli apa yang kulakukan, selama orang yang menyukaiku bisa tersenyum denganku, aku sudah puas dan aku merasa itu pantas.”

Kebahagiaanya berasal dari rasa tercukupi dan kepuasan ketika menyelesaikan pekerjaan bersama-sama kesukaran selama proses kerja itu.

Sebagai contoh adalah proses produksi lagu barunya Bad Girl. Ini merupakan hasil kerjanya yang pertama (T/N: Bad Girl merupakan single pertama yang dirilis Kris Wu—selama ini ia hanya merilis OST single) sejak kembali ke Cina dan dia membawa dua perasaan yang sangat kuat bersamanya, di satu sisi adalah kebahagiaan yang datang bersamaan dengan proses produksi dan di sisi lain, kehati-hatian ketika mengerjakan semua itu, sehingga ia memilih melakukan semuanya sendiri. Di samping menulis lagu sendiri, dia juga mengambil tanggung jawab memproduksi keseluruhan lagu.

“Pertama-tama ketika aku melakukannya sendiri, aku merasa lebih mudah. Kedua, aku merasa dengan begitu, ini akan lebih asli, sesuatu yang mencerminkan diriku sendiri.”

Lagu itu ditulis ketika ia syuting film barunya Journey to the West: Demon Chapter, di mana ia berperan sebagai Biksu Tong.

“Biksu Tong… sebenarnya ia bertemu dengan banyak iblis jahat selama hidupnya, ini benar-benar tidak ada hubungannya dengan Bad Girl.” Candanya, sesaat kemudian ia kembali serius. Ia menulis lirik sangat cepat diantara jadwal syutingnya, tes pencahayaan dan istirahat, satu bagian lirik bisa selesai hanya dalam sepuluh menit, ketika inspirasi datang, ia akan segera menyambarnya.

Sekarang pilihannya dalam membuat produksi musik adalah lebih ke imej dan gaya yang ‘rendah hati’. “Semua tren mempunyai alasan masing-masing kenapa itu bisa menjadi tren, pasti karena ada sesuatu yang menarik mengenai mereka.”

Film Mr. Six di mana Kris Wu juga berperan di dalamnya akan dirilis di akhir tahun. Sebelum film ini dirilis, ada berita menyenangkan datang dari Feng Xiaogang yang memenangkan Aktor Terbaik di ajang Golden Horse Award untuk penampilannya di Mr. Six. Di film ini Kris Wu berperan sebagai ‘musuh’ Feng Xiaogang—Xiao Fei.

“Peranku di film ini sebenarnya adalah versi anak muda dari seorang Feng Xiaogang, mungkin di masa lalu dia sepertiku sekarang.” Film ini adalah ‘Film Pria’ yang mampu membuat kita melihat bahwa waktu bisa mengubah seorang pria, apa yang diambil menyebabkan penderitaan, apa yang ditinggalkan hanya tertanam kesunyian.

Kau syuting film, menulis lirik sekaligus memproduksinya, tidakkah kau merasa kau member dirimu sendiri terlalu banyak tekanan?

Bad Girl dibuat dalam jadwal yang padat, di tengah-tengah syuting, aku menelepon dan mengirim pesan dan berkomunikasi dengan berbagai macam orang. Namun hanya pada saat aku melakukannya seorang diri aku bisa merasa damai. Aku berharap jika aku bisa memproduksi sesuatu yang aku suka karena hanya dengan sesuatu yang aku suka, aku bisa menyanyi dengan sejujurnya dan orang lain bisa merasakan itu.

Bagaimana kau mengawasi proses kerja pembuatan lagu itu?

Proses itu sebenarnya sangat penting dan bagaimana seseorang bisa menikmati prosesnya, apakah seseorang menikmati proses keseluruhan atau tidak itu bisa terlihat di hasilnya. Hanya ketika seseorang menikmati prosesnya dan melakukan semua itu dengan hati yang gembira, hasil akhirnya akan bagus. Jadi tidak peduli apa yang dikerjakan oleh seseorang, dia harus memegang pikiran positif ketika melakukan pekerjaannya.

Apa prinsip hidupmu?

Selalu memperlakukan orang lain dengan tulus. Sebelum benar-benar mengenal mereka, jangan berspekulasi mengenai mereka. Perlakukan semua orang tanpa berprasangka dan itu juga berlaku untukku sendiri. Dan aku berharap orang lain juga memperlakukanku sama seperti itu.

Akankah hasil karyamu selalu berhubungan dekat dengan kehidupanmu sendiri?

Paling tidak, seperti sekarang ini. Aku adalah seseorang yang sangat tebuka untuk bereksperimen, bereksperimen dengan diriku sendiri, meski dengan mencoba berbagai macam gaya rambut, tipe pakaian yang berbeda, peran yang berbeda, kurasa mereka yang mengenalku akan mengerti.

Bagaimana kau bisa punya keberanian untuk “bereksperimen dengan dirimu sendiri”?

Anak muda harus berani, jika kau tidak melakukannya sekarang lalu kapan? Aku berpikir menggunakan cara yang berbeda untuk membuat diriku mencoba semuanya, jadi aku tidak akan menyesal. Namun aku tidak berani berjanji mengenai masa depan, karena aku mungkin melakukan sesuatu yang sangat cocok dengan keinginannku, aku mungkin jadi satu-satunya yang menyukai hal ini dan orang lain tidak namun hal itu tidak akan menghalangiku untuk melakukannya

Bagaimana kau bisa menonjol diantara yang lain?

Bagaimana aku bisa mempunyai ciri khasku sendiri, bagaimana aku bisa berbeda dengan yang lainnya, hal-hal ini juga hal-hal yang aku pikirkan, ini juga karena aku terbuka untuk bereksperimen, karena aku tidak mencari jawaban untuk sesuatu yang tidak akan pernah ketemu. Mungkin kalian lebih sering bertemu dengan orang yang memilih tidak bereksperimen, tidak mengambil resiko, santai dan bermain aman, apa aku benar?

Tapi kau sebenarnya orang yang sangat penuh pertimbangan, ketika berbicara mengenai resiko, bagaiamana kau menghitungnya?

Itu berdasarkan kata yang paling penting di Mr. Six: Peraturan. Hidup di dunia ini seperti mengikuti peraturan game yang sama seperti yang lainnya. Seseorang bisa hidup seperti yang mereka inginkan, dengan cara yang bebas. Aku adalah seseorang yang sangat mendukung kebebasan dalam berekspresi, karena hanya dengan begini seseorang bisa hidup lebih nyaman, tapi peraturan tidak bisa dilanggar. Sseorang mungkin bisa bersenang-senang dalam batasan tertentu tapi tidak bisa lebih dari itu, mereka harus bisa mengendalikan diri .

Selain akting, menyanyi dan memproduksi lagu, apa ada talenta lain yang kau ingin miliki?

Sebenarnya aku sedang dalam masa persiapan untuk menjadi desainer fashion untuk lebelku sendiri. Aku pasti terjun di bidang produksinya juga, sekarang hal yang paling ingin aku lakukan secepatnya adalah menjadi desainer fashion.

Apakah musik dan gaya berpakaian itu berhubungan?

Musik dan fashion tidak saling berhubungan mutlak, aku suka musik dan juga fashion aku suka memakai baju yang bagus (T/N: bagus dalam hal ini kemungkinan besar adalah bagus yang berarti tidak umum dan beda dengan yang lainnya, seperti gaya Kris Wu biasanya 🙂). Keduanya ini berhubungan erat satu sama lain, baju yang berbeda cocok dengan musik yang berbeda pula, music rock cocok dengan baju kulit, hip hop dengan baju dengan gaya longgar, itu lebih berarti.

Pakaian seperti apa yang cocok dipakai ketika mendengarkan Bad Girl?

Apapun oke! (Apa baju tidur boleh?) Baju tidur? Boleh dicoba, lain kali kalau tampil aku akan coba itu.

Beritahu kami apa kelemahanmu.

Aku adalah seseorang yang terus tidak puas dengan apa yang kupunya, meski aku berkata puas, jika aku terus begitu (puas dengan pencapaiannya) aku akan mengalami kemunduran (dalam kualitas pekerjaan). Di industi ini, seseorang seharusnya tidak terlalu cepat puas dengan pencapaiannya dan malah harus bekerja lebih keras. Aku puas dengan hidupku tapi jika berbicara mengenai pekerjaan, aku masih harus membuat perkembangan yang lebih.

Diantara memproduksi pekerjaanmu sendiri dan menjadi artis, yang mana yang lebih kau suka?

Tentu memproduksi karyaku sendiri, karena aku merasa itu lebih otentik. Tapi mungkin keduanya ini tidak terlalu berseberangan antara satu dengan yang lainnya (menjadi produser dan menjadi artis) jadi aku tetap bisa menjadi artis dan memproduksi karyaku sendiri juga.

Di Mr Six, apa Feng Xiaogang memberimu nasehat khusus atau pendapat?

Hal yang paling mengesankan adalah ketika Mentor Xiaogang mengatakan padaku kalimat ini “Yifan, jangan terlalu gugup.” Hanya satu kalimat. Karena aku benar-benar sangat, sangat gugup ketika baru mulai syuting film itu dan aku sudah harus berakting bersama-sama banyak senior dan itu baru film keduaku. Aku merasa sangat beruntung sekaligus sangat khawatir karena aku takut kalau aku tidak sanggup berakting dengan bagus. Jadi waktu itu kegugupanku bisa terlihat dengan jelas oleh semuanya. KetikaMentor Xiaogang mendekatiku dan mengatakan padaku kalimat itu, anehnya aku langsung tenang.

Binatang apa yang akan kau pilih untuk menggambarkan dirimu?

Kurasa kera… aku juga tidak tahu, sejujurnya aku tidak pernah memikirkan hal ini sebelumnya, atau kau bisa juga menulisnya kalau aku adalah kuda karena aku lahir di tahun kuda. Oh, bukan, kau seharusnya menulis naga, karena aku selalu suka terbang, aku sangat berharap jika suatu hari nanti aku bisa terbang, dan aku sangat suka penggambaran ini, keturunan naga (penggambaran untuk orang Cina)!… [Cosmo: mengabaikan perdebatan dengan dirinya sendiri yang panjang] kau tidak bisa menulisnya begitu… sebenarnya, kuberi tahu kau, aku paling ingin menjadi binatang apa. Kau bisa menulisnya aku adalah koala, banyak fans yang mengatakan hal ini padaku juga karean aku sangat suka tidur, ketika aku di rumah aku akan tinggal di kasur setiap hari, hanya ketika aku di luar aku akan terbang, seperti naga… lupakan, untuk pertanyaan ini kau bisa menulisnya sesuka hatimu…

Pertanyaan untuk WU YIFAN dan LI YIFENG

Ketika syuting dengan Feng Xiaogang, siapa yang paling banyak NG (T/N: Not Good: scene yang salah), kau atau Li Yifeng?

Sebenarnya aku tidak di sana ketika dia (Yifeng) syuting dan dia tidak ada ketika aku syuting, kami berdua tidak benar-benar punya scene bersama.

Diantara kalian berdua, siapa yang paling disambut di tim?

Tentu kami berdua disambut hangat, semuanya menyukai kami berdua.

Gaya siapa yang lebih cool?

Yang punya kesan kuat (mencolok) tentu aku, tapi kalau bicara lebih ke praktis, gaya sehari-hari sudah pasti dia (Yifeng).

Jika kalian berdua jatuh ke laut pada saat yang bersamaan, siapa yang akan diselamatkan Feng Xiaogang terlebih dahulu?

Tidak perlu menyelamatkanku, aku bisa berenang, tidak perlu menyelamatkanku.

Pertanyaan dari LI YIFENG untuk WU YIFAN

Berapa banyak wig yang kau punya?

Ah wig, aku nggak bisa menjawab pertanyaan ini, haha yeah, aku tidak bisa memberitahumu, ini rahasia yang tidak bisa dibocorkan.

Apa pandanganmu tentangku?

Orang yang sangat focus, teman baikku.

Apa perbedaan antara industri hiburan Korea dan Cina?

Dunia hiburan Korea berubah sangat cepat dan kompetisi di sana sangat ketat. Sangat mudah untuk menjadi terkenal tapi juga sangat mudah untuk tenggelam (tersisih dari kompetisi). Di Cina mungkin lebih lambat, berita tersebar selangkah demi selangkah, tidak seperti di Korea di mana semua orang bisa mengenal bintang baru secara instan dan jika bintang baru yang lain muncul tiba-tiba, semuanya akan melupakanmu di detik berikutnya.

Bahasa Trans and Posted by Tara Lee

Leave a Reply

