140924 Kutipan Ekslusif Harper’s Bazaar Magazine (Indonesian Translation-Translate Bahasa Indonesia)

Wu Yifan – Dewa (Male God) yang Tengah Naik Daun Secara Eksklusif Turun Ke Bumi

 

Siapakah dia? Beralis tebal dengan mata yang bersinar seperti bintang, wajah yang diukir dengan halus oleh Tuhan. Dengan tinggi 187 cm bagai seorang model, memiliki aura dingin yang natural, sosoknya seperti karakter yang berjalan keluar dari manga. Dia dulunya bersusah payah meraih mimpinya di industri hiburan Korea yang sangat kompetitif sebagai artis dari negara asing, dan sukses memikat hati sekian banyak wanita. Sekarang, dia tanpa pengalaman akting dipilih oleh sutradara film berbakat Xu Jinglei, untuk bermain sebagai pemeran utama pria dalam filmnya. Jenis sihir apa yang dimiliki pria kelahiran tahun 90’an ini? Ini adalah kali pertama Wu Yifan sendirian berhadapan dengan media, dan telah menerima wawancara pribadi secara ekslusif. BAZAAR akan menunjukkan padamu dirinya yang sebenarnya.

bazaarchina 2

Insiden pemutusan kontraknya dengan perusahaan hiburan terkenal Korea  telah menggemparkan para penikmat industri ini. Menghadapi spekulasi dan kritik yang terus menerus, Wu Yifan sebagai pihak terkait, hanya bersikap rendah hati dengan tidak memberikan respon apapun. Semua orang hanya mengetahui kalau dia berada di Praha (Prague), bersama pemeran dan kru film terbaru sutradara Xu Jinglei (Somewhere Only We Know). Di mata sebagian orang, hal ini menjadi misteri lain. Kali ini, melalui kesempatan yang kami miliki untuk bisa melihat dari dekat proses syuting, tim BAZAAR pergi ke Praha dan melakukan pemotretan ekslusif dengan Wu Yifan. Aku berada di rumah (China) dan wawancara ekslusif melalui telepon yang susah payah didapatkan ini akhirnya dapat diselesaikan.

bazaarchina 1

Mimpi sebagai Aktor

“Jika aku bisa berakting, bagiku hal lain tidak jadi masalah,” Wu Yifan telah berkali-kali mengungkapkan bahwa mimpinya adalah menjadi seorang aktor pada banyak wawancara dan sudah melakukan banyak usaha untuk menggapainya. Kali ini, dengan berakting di film (Somewhere Only We Know) akhirnya dia bisa mewujudkan mimpinya. Mengapa Wu Yifan yang tanpa pengalaman akting ini dipilih untuk bermain sebagai pemeran utama pria? Xu Jinglei, yang selalu bisa dengan akurat menilai orang, menyatakan dua alasannya: Industri hiburan saat ini benar-benar kekurangan pendatang baru yang berbakat, dan dia memilih aktor pendatang baru yang “dengan hanya melihatnya sekilas sudah membuat orang akan langsung jatuh cinta”. Dia menambahkan “Wu Yifan adalah camera-killer dan dia terlahir dengan aura bintang, bila dia bisa terus mengembangkannya, aku yakin dia bisa menjadi superstar nantinya,”

Stres adalah motivasi

Bagi sebagian orang, pertama kali berakting dan langsung mendapatkan peran utama bisa dibilang sebuah keberuntungan. Namun seberapa banyak tekanan yang harus dihadapinya, hanya dia yang tau. Bagaimanapun juga, dia tidak merasa takut. Wu Yifan mengungkapkan “Karena membuat film adalah mimpiku, ada banyak hal yang harus dipelajari, dan hal itu malah membuatku merasa senang dan bersemangat. Aku bersedia untuk meluangkan seluruh waktuku sebagai usaha agar dapat memrankan peranku dengan baik dan menjadikan ini film yang bagus. Ini yang paling penting”

6864e6e3gw1eknt6d11irj20nf0u3n2e

Dia berharap nantinya kemampuan aktingnya ini akan bisa diakui dan ketika orang-orang menonton filmnya, mereka tidak akan melihat Wu Yifan, tapi karakternya dalam film itu sendiri. Di dalam film, dari bermain basket sampai memainkan cello dan piano, dia berbakat melakukan semuanya, dia telah menunjukkan bakat yang bervariasi. Bermain basket sudah menjadi keahliannya. Ketika SMP, dia berpartisipasi dalam ajang Youth NBA China Junior Basketball League dan membawa timnya menjadi pemenang se-China Selatan. Dia belajar memainkan cello dari dasar. Karena dalam filmnya, dia berperan sebagai seorang pemain cello yang luar biasa, oleh karena itu dia secara khusus dilatih keras selama dua bulan. Untuk piano, meskipun bisa dikatakan cukup mudah karena dia sudah memiliki beberapa dasar bermain piano ketika masih kecil, tetap saja dia harus mempersiapkannya untuk waktu yang lama demi film ini.

Dibandingkan dengan latihan berat bermain cello dan pelajaran membaca skenario yang membosankan, dia merasa adegan emosional adalah tantangan terbesar. Selain adegan romantis dengan pemeran utama wanita, dia juga berinteraksi dengan keluarga di dalam film. Itu semua memerlukan pemahaman pada latar belakang pribadi karakternya dengan curahan emosi yang cukup besar. Karena kurangnya pengalaman, hal ini menjadi masalah terbesar untuk membuat adegan emosionalnya dapat terlihat nyata dan natural dalam film ini. Dia mengungkapkan kalau Sutradara Xu Jinglei memberinya banyak bantuan pada aspek ini. “Sutradara Xu akan selalu mengingatkanku pada jenis emosi seperti apa yang harus dirasakan oleh karakterku pada bagian ini dan bagaimana aku harus mengekspresikannya. Komunikasi sepert ini membuatku lebih akurat dalam memerankan peranku”

bazaarchina 7

Cinta itu sangat sederhana. Aku akan mengatakannya jika aku menyukai seseorang

(Somewhere Only We Know) adalah film bergenre romantis, dimana dia memerankan seseorang yang berani untuk mencintai dan membenci. Di kehidupan nyata, bagaimana dia berhadapan dengan emosinya? Wu Yifan menjawab dengan santai, “kurasa aku biasa-biasa saja menghadapi emosi, dari dalam hati, tidak ada yang perlu disembunyikan. Untukku, cinta adalah cinta, satu kata yang sangat sederhana.” Mengenai tipe idealnya, meski sudah ditanya beberapa kali tetap saja dia tidak bisa memberikan jawaban yang spesifik. “Aku tidak pernah benar-benar memikirkan soal itu. Aku adalah orang yang mengikuti kata hati, dan itu tergantung pada situasinya. Ini bukan cuma masalah dari satu sisi, tetapi perasaan itu adalah hal sangat sulit untuk dijelaskan”

“Kalau aku bertemu dengan gadis yang kusukai, aku yang akan lebih dulu mengambil inisiatif”

Dia mengungkapkan kalau dia bukan tipe orang yang suka berbicara, khususnya pada orang yang tidak begitu akrab dengannya. Jadi dia biasanya tidak mengambil inisiatif lebih dulu. Bagaimanapun juga kalau dia bertemu dengan gadis yang benar-benar ia sukai, “Kalau aku rasa aku benar-benar menyukainya, aku yang akan berinisiatif untuk mengungkapkannya lebih dulu”

bazaarchina 5

Aspirasi Fashion, Mewujudkannya dengan Mantap dan Pasti

Wu Yifan sangat tertarik dengan fashion. Selain bermain basket, mempelajari tentang tren busana pada tiap musim adalah salah satu kesenangan pribadinya. Kalau hanya seperti ini, tentu saja ia masih belum bisa disebut seorang peminat fashion. Untuk memahaminya dengan jelas, dia bukan orang yang hanya akan mengikuti tren mode, dia akan mempelajari sejarah dan latar belakang dari fashion tersebut, seperti bagaimana gaya ini bisa muncul dan kenapa orang harus seperti ini mengenakannya. Setelah memahaminya, baru dia akan memilih sesuatu yang pas untuknya. Dia tidak akan melewatkan detail-detail seperti aksesoris, dia percaya kalau aksesoris sangat diperlukan sebagai bagian dari busana.

“Sebelumnya aku lebih menyenangi aksesoris kecil seperti gelang, kalung dan anting. Tapi sekarang, aku lebih memperhatikan untuk menyesuaikan sepatuku dengan busana yang kukenakan”

bazaarchina 6

Untuk saat ini, Wu Yifan lebih menyukai gaya hip-hop, juga menyesuaikannya dengan beberapa elemen High Street yang bisa dilihat dari gaya Airport fashionnya beberapa waktu lalu. Dia menambahkan, “Faktanya, gaya fashionku sama seperti tipe musik yang kusukai,”

Fashion baginya adalah sikap positif dalam hidup dan merupakan gaya hidup yang dapat memberinya kebahagiaan. Di samping mengembangkan karir akting dan menyanyi, dia juga memiliki banyak aspirasi dan mimpi dalam fashion, dan salah satunya adalah bisa mendirikan brand fashion milik pribadinya dimasa depan.

“Aku punya banyak rencana-rencana masa depan, tetapi itu juga memerlukan banyak persiapan dan bantuan dari orang lain, jadi aku ingin meraihnya selangkah demi selangkah.”

Harper’s Bazaar China Magazine October Issue 2014

-End-

Sumber : 时尚芭莎
Eng Trans : allaboutwu

Bahasa Translated by : Irenethrin

Posted by Irenethrin @ Mr. Galaxy Fanfan’s House

Posted on September 26th 2014
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s